KOLEKSI BUKU

Halaman

Selasa, 12 Januari 2021

Pengertian Pasar Global.



Untuk dapat berkecimpung di dalam pasar global maka kalian harus paham mengenai pasar global tersebut, karena dengan adanya pasar global maka pemasaran menjadi bebas, Pasar bebas merupakan salah satu bentuk pasar yang dimana segala bentuk kebijakan baik harga atau yang lainnya tidak ada patokan atau paksaan dari pihak lain atau pemerintah. sesuai dengan namanya bebas, jadi semua pihak memiliki kebebasan dalam beraktivitas maupun menetapkan sebuah kebijkan dan yang lainnya. oleh karena itu pasar global dapat diartikan sebagai pasar internasional. 

Adapun tujuan utama pemasaran global adalah :

 1. Meningkatkan potensi laba perusahaan. 

 2. Dalam teori ekonomi mikro, laba atau keuntungan, adalah kompensasi atau resiko yang ditanggung oleh perusahaan. Makin besar resiko yang ditanggung oleh suatu perusahaan maka semakin banyak pula laba yang diperoleh. Menurut Dominick Salvatore, keuntungan merupakan penerimaan total dikurangi biaya total. 

3. Meningkatkan pertumbuhan/ekspansi. 

Tujuan meningkatkan pertumbuhan ekspansi sangat berpengaruh pada perusahan antara lain: 

1. Perusahaan yang menginginkan pertumbuhan yang cepat, baik ukuran, pasar saham, maupun diversifikasi usaha dapat melakukan merger maupun akuisisi. Perusahaan tidak memiliki risiko adanya produk baru. 

2. Menjaga kelangsungan hidup perusahaan dari ancaman pesaing potensial yang berasal dari berbagai dunia. 

Ada beberapa manfaat yang didapatkan perusahaan dalam pemasaran global: 

1. Penghematan biaya produksi 

2. Merupakan keleluasaan pemidahan produksi ke negara lain. 

3. Tingkat kualitas produk semakin baik dan tinggi 

4. Meningkatkan kualitas produksi sehingga terciptanya jumlah konsumen 

5. Konsumen semankin meningkat 

6. Ketersediaan kebutuhan konsumen secara global meningkat 

7. Peningkatan teknik pemasaran dalam menghadapi kompetitor 8. Semakin besar pangsa pasar, maka semakin besar pula pesaing


Ciri –ciri perusahaan global, yaitu : 

1. Memiliki wilayah pemasaran yang lebih luas. 

2. Menggunakan dasar strategi pemasaran dan fungsi-fungsi manajemen pemasaran yang lebih kompleks. 

3. Menggunakan standarisasi global untuk produk-produk yang dihasilkan. 

4. Fokus pada sumber daya (manusia, uang dan asset fisik).


Syarat wirausaha dapat bersaing di Pasar Global sebagai berikut : 

1. Quality. Penilaian terhadap produk yang bebas dari kesalahan produksi dan sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan oleh Pelanggan (customer). Oleh karena itu organisasi/ perusahaan perlu mengenal konsumen atau pelanggannya dan mengetahui kebutuhan dan keinginannya. 

2. Cost. Biaya-biaya yang timbul dalam penanganan masalah kualitas (Mutu), baik dalam rangka meningkatkan Kualitas maupun biaya yang timbul akibat Kualitas yang buruk (Cost of Poor Quality). 

3. Delivery. Ketepatan waktu dalam pengiriman hasil produksi kita. Di Zaman sekarang, kecepatan dalam pengiriman dapat menentukan keberhasilan suatu produk. Kesabaran tunggu pelanggan sangat terbatas, karena produk yang kita hasil belum tentu merupakan satu-satunya di dunia. 

4. Safety. Perkembangan perusahaan dan industri mempunyai korelasi dengan pekerja, Banyak Industri yang prosesnya berdampak negatif terhadap keselamatan dan kesehatan pekerjanya seperti industri bahan kimia. Hal tersebut dapat berpengaruh pada meningkatnya biaya pekerja dan berpengaruh pada citra. Sejalan dengan hal ini maka industri-industri yang berdampak bagi pekerjanya harus mengelola lingkungan kerja nya agar dapat menurunkan dampak. 

5. People. Layanan kita terhadap permintaan-permintaan pelanggan dengan respon yang cepat. Semua orang berharap dilayani dengan cepat agar kebutuhannya dapat dipenuhi dengan segera dan keluhan-keluhannya dapat ditangani dengan segera. Sumber : https://bangazul.com/strategi-pasar-global-atau-global-market-strategy/

Sumber Pustaka

Vini Anggalia, Rossa, 2020. " Modul Pembelajaran SMA Prakarya dan Kewirausahaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan SMA/SMK Kelas 12". Jakarta : Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN


1 comments: