KOLEKSI BUKU

Halaman

Rabu, 28 Oktober 2020

Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro


Kita sudah mengenal PLTA sebagai pembangkit listrik tenaga air yang menggunakan waduk-waduk besar untuk menghasilkan energi listrik. PLTA merupakan pembangkit listrik dengan skala besar. Energi listrik dari satu PLTA dapat mengalirkan listrik ke sejumlah daerah. Selain memanfaatkan waduk-waduk besar, sungai dan air terjun juga bisa digunakan untuk pembangkit tenaga listriik. Hanya saja dengan menggunakan air terjun ataupun sungai hanya bisa mengaliri listrik untuk daerah di sekitarnya. Pembangkit listrik ini dinamakan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohido (PLTMH).



Pada dasarnya cara kerja untuk menghasilkan energi listrik PLTMH sama dengan PLTA. Namun dalam PLTMH energi listrik yang dihasilkannya lebih kecil, Hal ini disebabkan karena sumber energi yang digunakan PLTMH adalah sungai lebih kecil dibandingkan dengan PLTA yang menggunakan waduk-waduk besar untuk proses menghasikan energi listriknya.

 Pada PLTMH energi listrik yang dihasilkan tergantung dari derasnya air sungai. Karena aliran air sungai menjadi sumber energi dalam PLTMH. Saluran air digunakan untuk mengalirkan air dari sungai menuju kincir air. Saluran air biasanya dibuat miring hal ini dilakukan agar air mengalir lebih deras . Pada PLTMH kincir air terhubung dengan generator. Sehingga ketika kincir air berputar sesuai dengan derasnya air akan membuat generator ikut berputar. Dari proses ini energi diubah menjadi energi listrik oleh generator. Energi yang dihasilkan dari proses ini akan dialirkan ke rumah-rumah warga yang berada di sekitar PLTMH


Supaya lebih jelas silahkan tonton video berikut ini !


Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (Kelas 6 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 Muatan IPA)

1 comments:

  1. Saya bangga, sahabat saya menjadi guru yg berkualitas, saluutt bangeet, sukses terus pa septi

    BalasHapus