KOLEKSI BUKU

Halaman

Senin, 19 Oktober 2020

SOLE ALTERNATIF MODEL PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI


   sumber foto https://republika.co.id/berita/q7ds30328/


Saat ini, pembelajaran mandiri sangat diperlukan untuk dipraktikkan  oleh guru untuk membentuk rasa tanggung jawab siswa terhadap proses belajar yang dilakukannya. Salah satu model pembelajaran yang dapat kita gunakan diantaranya adalah SOLE.  Model pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environments) fokus  pada sebuah proses pembelajaran mandiri yang dilakukan oleh siapapun yang memiliki keinginan untuk belajar menggunakan fasilitas internet dan perangkat gawai yang dimilikinya.  Kenapa harus SOLE ? Alasan pertama adalah  sebuah pernyataan bahwa setiap orang dibekali rasa ingin tahu  terhadap sesuatu hal yang baru. Kedua perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang saat ini terus berkembang sehingga perlu adanya upaya adaftip oleh guru untuk menyelaraskan antara perkembangan teknologi dengan proses pembelajaran sehingga pembelajaran akan lebih inovatif dan kreatif.   

Di masa pandemi ini saya mencoba untuk menggunakan model pembelajaran SOLE dalam beberapa materi tertentu. Hal ini dilakukan sebagai upaya  memberikan sebuah pembelajaran kepada siswa yang inovatif sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan akan tercapai.  Dengan pembelajaran SOLE ada beberapa kompetensi siswa yang akan terbentuk diantaranya  sebagai berikut :

1. Melatih berpikir kreatif

Dengan pembelajaran SOLE  siswa akan dihadapkan sebuah pertanyaan terbuka, yang harus dicari sendiri jawaban atas pertanyaan tersebut dengan mencari informasi dari Internet menggunakan perangkat gawai yang dimilikinya, sehingga akan memberikan stimulus kepada siswa untuk beripikir kreatis dalam mnyelesaikan persoalan yang diberikan.

2. Kemampuan memecahkan masalah

Di dalam pembelajaran SOLE yang menjadi ciri utamanya adalah adanya pertanyaan di awal  yang harus dijawab oleh siswa secara mandiri. Setiap pertanyaan membutuhkan jawaban, dan setiap jawaban yang ditemukan akan menjadi pengetahuan baru siswa untuk menyelesaikan sebuah permasalahan berikutnya. Sebuah proses inilah yang diharapkan dapat melatih kemampuan siswa dalam memecahkan masalah.

3. Kemampuan berkomunikasi

Setiap jawaban yang ditemukan dari pertanyaan yang diberikan, siswa diberikan kesempatan untuk menyampaikan jawaban yang ditemukannya kepada siswa lain. Dengan memfasilitasi cara seperti itu diharapkan akan melatih kemampuan siswa dalam berkomunikasi.

Adapun tahapan kegiatan dari proses pembelajaran model SOLE secara umum terdapat tiga aktifitas yang harus dilakukan siswa dalam proses pembelajaran. Pertama adalah Question, pada tahap ini guru memberikan sebuah pertanyaan untuk dijawab oleh siswa. Jenis pertanyaan yang diberikan harus membuat stimulus rasa ingin tahu  siswa  sehingga proses nalar siswa terhadap pertanyaan tersebut akan berjalan aktif. Kedua tahap investigasi, pada tahap ini siswa mencari informasi melalui internet untuk mendapatkan referensi terkait jawaban pertanyaan yang diberikan. Pada tahap inilah kita bisa memanfaatkan portal rumah belajar sebagai sumber belajar yang digunakan. Sumber belajar yang ada bisa berupa video pembelajaran atau media berbasis web. Sumber belajar di portal rumah belajar sangat mudah diakses siswa sehingga memungkinkan pembelajaran jarak jauh  akan tetap terlaksana dengan baik.  Pada tahap akhir adanya kegiatan review yang dilakukan, hal  ini dilakukan untuk mengkonfirmasi jawaban-jawaban yang sudah  didapatkan.  Secara lebih rincinya adalah sebagai berikut :

1.  Memberikan pertanyaan

2. Mengelompokkan siswa

3. Investigasi siswa

4: Monitoring

5: Presentasi

6: Evaluasi hasil presentasi

Tahapan-tahapan  tersebut menjadi sebuah pedoman kita, dalam melakukan proses pembelajaran ketika akan menggunakan model pembelajaran SOLE. Pada intinya pembelajaran SOLE menjadi salah satu model pembelajaran alternative ketika kita menginginkan  siswa beraktivitas secara mandiri dalam mengkonstruksi pengetahuannya. Rumah belajar sebagai platform daring yang sangat baik sekali untuk dijadikan sebagai sumber belajar  dalam mengintegrasikan konsep TPACK dengan aktivitas pembelajaran yang dilakukan.

Untuk lebih lengkapnya bagaimana pembelajaran SOLE ini dilakukan, dapat disimak video berikut ini.



14 comments: