KOLEKSI BUKU

Halaman

Minggu, 18 Oktober 2020

SOSIALISASI PEMANFAATAN PORTAL RUMAH BELAJAR





Rumah belajar merupakan sebuah platform daring yang merupakan sebuah inovasi teknologi dalam bidang pendidikan di era industri 4.0.  Dalam hal ini saya sangat bersyukur sekali diberikan kesempatan untuk berperan dalam mengenalkan  Rumah Belajar di komunitas KKG 03 & 04 di wilayah kec. Tanjungsari Kab. Bogor dan SD Islam Kreatif Muhammadiyah Cianjur. Tugas ini merupakan kewajiban yang harus dipenuhi bagi seluruh peserta pembaTIK  pada level 4 untuk melakukan sosialisasi rumah belajar, baik dengan cara tatap muka atau tatap maya kepada guru-guru lainnya, sehingga rumah belajar ini, bisa dikenal dan dipergunakan oleh siswa dan guru sebagai bahan belajar di rumah.

Sosialisasi pertama dilakukan di KKG Gugus 04 Kec. Tanjungsari pada hari Rabu tanggal  14 Oktober 2020. Kegiatan diikuti dari perwakilan guru sejumlah 2 orang dari setiap sekolah. Hal ini dilakukan karena keadaan masih kondisi pandemi. Tentunya,kegiatan dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku, seperti mencuci tangan memakai masker dan menjaga jarak. Kegiatan sosialisasi hari pertama ini diikuti sejumlah 16 peserta. Selain mensosialisasikan rumah belajar, sebelumnya telah bekerja sama juga dengan pengawas bina TK/SD  Kec. Tanjungsari Kab.bogor  serta Ketua PGRI Kec. Tanjungsari, sehingga acara sosialisasi di hari pertama bisa berjalan dengan baik dan semangat dari para peserta sosialisasi. Adapun terkait materi yang disampaikan adalah bagaimana pemanfaatan portal rumah belajar ini bisa digunakan oleh siswa sebagai bahan belajar dari rumah dan menjadikn pembelajaran yang dilakukan bisa lebih kreatif dan inovatif sehingga siswa lebih antusias dalam belajar. 


                                                   

Sosialisasi kedua dilaksanakan esok harinya pada tanggal 15 Oktober 2020, yaitu bertempat di SDN. Tanjungsari  03 komunitas KKG Gugus 3 Kec. Tanjungsari Kab. Bogor. Pada kegiatan kali ini, masih dengan materi yang sama yaitu Pemanfaatan Portal Rumah Belajar  sebagai bahan belajar di  rumah. Sosialisasi kedua ini dibuka oleh Ketua Gugus 03 yang memberikan pengarahan kepada peserta, bahwa kegiatan ini, sebagai upaya peningkatan kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi digital sebagai bahan belajar siswa selama belajar di rumah. Sehingga dengan diadakannya sosialisasi rumah belajar ini, menjadi sebuah  harapan akan keberlangsungan pembelajaran yang efektif dan inovatif walaupun siswa belajar di rumah.






Pada hari sabtu tanggal 17 Oktober 2020 menjadi kegiatan sosialisasi  terakhir yang saya lakukan  yang berlokasi di SD Islam Kreatif Muhammadiyah Cianjur. Kegiatan sosialisasi diikuti oleh semua guru di lingkungan sekolah tersebut.  Kegiatan dilaksanakan mulai pukul 09.30 – 12.00  dengan materi  yang masih sama dengan sosialisasi-sosialisasi sebelmnya yaitu pemanfaatn portal rumah belajar sebagai bahan belajar di rumah serta pemanfaatan edugame sebagai pembelajaran berbasis game untuk memotivasi siswa ketika mengalami kejenuhan dalam belajar. Pada kegiatan sosialisasi ini, peserta kegiatan sosialisasi memberikan respon positif terhadap kegiatan yang dilaksanakan. Hal ini ditandai dengan antusiasnya peserta kegiatan dalam mengikuti kegiatan sosialisasi.






Itulah beberapa kegiatan sosialisasi rumah belajar yang saya lakukan sebagai tugas peserta pembatik level 4 Jawa Barat tahun 2020. Ini merupakan sebuah pengalaman yang perlu saya catat dalam sebuah tulisan sebagai  pengingat dan motivasi agar terus belajar, berbagi, dan bersemangat untuk berinovasi mewujudkan sebuah karya yang akan memiliki kebermanfaatan bagi dunia pendidikan. Merdeka belajarnya, portal rumah belajarnya dan maju Indonesiaku.





0 comments:

Posting Komentar