KOLEKSI BUKU

Halaman

Senin, 02 November 2020

ADA APA DENGAN KONFERENSI VIDEO ?

 


Pada masa pandemic saat ini, ada sebuah fenomena sosial yang terjadi, terutama dalam dunia pendidikan. Dengan diberlakukannya pembelajaran jarak jauh, membuat semua guru berupaya menghadirkan sebuah metode pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa agar tetap dapat belajar dengan baik sehingga materi dapat tersampaikan kepada siswa. Banyak kegiatan webinar yang terselenggara dengan bertemakan materi-materi yang berkaitan dengan teknologi untuk memudahkan siswa dalam belajar dirumah.

Salah satu yang ramai digunakan, adalah aplikasi-aplikasi konferensi video. Berdasarkan Wikipedia.org. Konferensi video (Inggris: videoconference) dapat didefinisikan  sebagai seperangkat teknologi telekomunikasi interaktif yang memungkinkankan dua pihak atau lebih di lokasi berbeda dapat berinteraksi melalui pengiriman dua arah audio dan video secara bersamaan.




Banyak sekali aplikasi-aplikasi yang memiliki versi tidak berbayar walapupun ada keterbatasan dibandingkan dengan aplikasi konferensi video versi premium (berbayar). Beberapa aplikasi tersebut diantaranya zoom meeting, google meet, ciscowebex, bigluebutton, skype dan aplikasi konferensi video lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu-satu karena keterbatasan dari ruang tulisan yang saya kerjakan ini.

Manfaat dari penggunaan konferensi video ini, tentunya sangat berdampak sekali terhadap cara kita berinteraksi dengan siswa atau teman-teman kita.  Beberapa manfaat dari penggunaan konferensi video untuk pembelajaran yang saya rasakan adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan kualitas komunikasi walaupun dengan jarak jauh.

2. Mengefektifkan waktu

3. Menghindari kejenuhan belajar dari rumah

4. Memberikan pembelajaran kepada siswa terkait penggunaan teknologi dalam mendukung sebuah pembelajaran

Selain manfaat di atas, ada juga kendala-kendala dan menjadi kekurangan dalam penggunaan konferensi video untuk pembelajaran, diantara :

1. Kelelahan fisik karena duduk lama yang dialami siswa ketika proses pembelajaran berlangsung lebih dari 2 jam menggunakan aplikasi konferensi video menjadi hal yang harus diperhatikan karena akan berkaitan dengan bagaimana konsentrasi siswa dalam mengikuti pembelajaran.

2. Masih ada yang belum begitu paham tentang pengaturan teknis system penggunaan konferensi video. Hal ini saya sampaikan karena sering melihat kegiatan yang diadakan secara tatap maya menggunakan konferensi video itu, alokasi waktu yang sudah direncanakan tidak sesuai karena ada kendala teknis baik berupa  permasalahan jaringan, perangkat dan aplikasi yang digunakan, sehingga kegiatan tidak bisa berjalan dengan baik

Demikian yang bisa saya paparkan terkait dengan konferensi video yang saat ini menjadi sebuah cara yang ramai digunakan oleh masyarakat terutama guru - guru sebagai salah satu cara untuk menyampaikan materi kepada siswa. Menjadi hal penting yang harus kita perhatikan akan kelebihan dan kekurangan dari aplikasi konferensi video  yang kita gunakan. Sehingga penggunaan konferensi video ini menjadi lebih tepat guna untuk kita pakai dalam berkomunikasi dengan banyak orang.



0 comments:

Posting Komentar