KOLEKSI BUKU

Halaman

Rabu, 04 November 2020

Perencanaan Usaha Produk Teknologi Transportasi dan Logistik

Perencanaan Usaha Produk Teknologi Transportasi dan Logistik Transportasi barang jarak dekat merupakan kegiatan sehari-hari yang kita alami dan terjadi di sekitar kita. Karena jaraknya yang dekat, seringkali permasalahan yang dialami pada kegiatan transportasi tersebut luput dari perhatian. Permasalahan transportasi jarak dekat dapat ditemukan jika kita berpikir kritis dan teliti mengamati.



Kebutuhan logistik adalah sebuah  kelanjutan dari kegiatan produksi. Kegiatan panen, misalnya, membutuhkan kegiatan logistik. Logistik pascapanen dibutuhkan untuk memindahkan produk hasil panen ke tempat penyimpanan, menyimpan produk hasil panen dan mengirim produk kepada konsumen. Transportasi dan penyimpanan produk hasil panen harus dapat menjaga kualitas produk tetap baik hingga diterima oleh konsumen.

Tugas mandiri !

• Amati salah satu kegiatan produksi atau kegiatan pengadaan barang di lingkungan kalian. Apakah kegiatan produksi dan pengadaan tersebut sudah memanfaatkan logistik?

• Catat barang apa yang dipindahkan dan disimpan, karakter barang, berapa jumlah barang, tempat asal dan tujuan perpindahan, tempat dan cara penyimpanan serta keterangan lain.

 Tugas tersebut tuangkan dalam tabel di bawah ini !




Sumber Pustaka :

Prakarya dan Kewirausahaan / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan SMA Kelas 10.-- . Edisi

Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018.

6 comments: